(Update 2017) FAQ tentang Fakultas Kedokteran Universitas Jember dari 2014-2017


Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Unej

(Postingan ini terakhir diupdate pada tanggal 25 Oktober 2017) (Yuk support blog ini dengan cara klik iklan yang ada di atas judul post)
Assalamualaikum!
Selama ini lumayan banyak pertanyaan lewat FB maupun email saya mengenai info kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Jember. Biar tidak ribet, saya memutuskan membuat daftar FAQ (Frequently Asked Question) alias pertanyaan yg paling sering ditanyain mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Jember/ FK Unej. Dibaca satu persatu ya. Saya doakan semoga yang berminat untuk masuk FK bisa mendapatkan jalan yang terbaik untuk meraih impiannya ^^ Semangat ya adik-adik!
Ada juga daftar FAQ tentang Fakultas Farmasi Unej (akan diposting di blog kembaran saya, Mas Rizki) Kalau ada lagi yang ingin ditayakan, sila hubungi saya via FB (Brilliant Givya Ariansari) atau Line, Twitter, IG (ID : Kailliant).

1. Bagaimana proses kakak masuk FK Unej? Apa saja yang disiapkan?

Saya masuk melalui jalur SNMPTN undangan pada tahun 2014, asal sekolah SMAN 1 Bangil. Saya memasukkan nilai rapor dengan rata-rata delapan puluh sembilan koma sekian dan menyertakan piagam Olimpiade Venol Unair (juara 1), Olimpiade Farmasi Unair (juara 2), dan Olimpiade Kimia Unej (juara 2).
FK Unej menjadi satu-satunya jurusan yang saya pilih, karena selain amanah dari almarhumah nenek (Jember kondusif, katanya), juga karena saya sering mendengar kalau jurusan kedokteran tidak mau ‘diduakan’ atau ‘dinomor duakan’ saat SNMPTN. Ini sebenarnya asumsi pribadi saya dan teman-teman. Sebenarnya ada juga yang saat jalur undangan, mengisi  FK Unej sebagai pilihan 1 dan FK lain di pilihan 2, tetapi FK Unej biasanya diletakkan di pilihan pertama oleh teman-teman angkatan saya.

2. Apakah Kedokteran Gigi juga ada di Fakultas Kedokteran?
Tidak. Di Unej, Fakultas Kedokteran Gigi terpisah dengan Fakultas Kedoteran. Fakultas Kedokteran Unej hanya memiliki satu prodi, yaitu prodi Pendidikan Dokter.

3. Kalau nggak lolos SNMPTN apa ada jalur lain?

Ada, yaitu SBMPTN (tulis) dan jalur mandiri. Jadwal dan lain-lain bisa lihat di dan website  (fk.unej.ac.id KLIK DI SINI) dan (unej.ac.id KLIK DI SINI). Alhamdulillah, tahun ini untuk pertama kalinya FK Unej membuka jalur Mandiri. Karena namanya ‘mandiri’, maka otomatis untuk siswa yang dianggap mampu secara finansial.
4. Berapa biaya uang gedung Fakultas Kedokteran Universitas Jember?

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, uang gedung Fakultas Kedokteran Universitas Jember 0 rupiah alias tidak ada biaya.
Untuk jalur mandiri, berkisar antara 100 juta, 200 juta, sampai 300 juta. 

5. Berapa besar UKT Fakultas Kedokteran Universitas Jember? (UPDATE 2016 dan 2017)
Update tahun 2016 : UKT (dulu disebut SPP) di Fakultas Kedokteran Universitas Jember antara 1 juta- 22 juta setiap semester. Saya dan sebagian besar teman saya mendapat UKT 22 juta. Tetapi adik tahun 2016 harus bersyukur, karena akhirnya jalur mandiri Fakultas Kedokteran Universitas Jember dibuka. Jadi, biaya UKT lebih ringan. Calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember tahun 2016 hanya dikenakan biaya UKT 17,5 juta (merata untuk seluruh mahasiswa).

Sedangkan untuk jalur mandiri Fakultas Kedokteran Universitas Jember tahun 2016, pendaftar harus menyiapkan uang sebesar 200 juta atau 300 juta (opsional, bisa dipilih salah satu tergantung kemampuan).
Informasi tersebut berdasar surat rektor yang dikeluarkan tanggal 4 April 2016 tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa Baru Universitas Jember Program Sarjana dan Diploma melalui Seleksi Jalur Mandiri Tahun Akademik 2016/2017.
Update tahun 2017 = Biaya UKT untuk semua jalur adalah 1 juta - 20 juta setiap semester (tidak merata, tergantung kemampuan finansial orang tua). Adik yang lolos jalur undangan dan jalur tulis cukup membayar UKT, tanpa uang gedung. Tetapi adik yang lolos jalur mandiri harus membayar UKT ditambah uang gedung (uang gedung hanya dibayar sekali sebelum masuk kuliah). Uang gedung jalur mandiri berkisar antara 100 juta, 200 juta, dan 300 juta.
Informasi tersebut berdasar survey kepada adik-adik angkatan 2017 yang lolos jalur undangan, lolos jalur tulis, dan lolos jalur mandiri.
6. Berapa total biaya yang kakak keluarkan saat masuk Fakultas Kedokteran Universitas Jember?
Saat masuk FK Unej, saya tidak membayar apapun kecuali UKT sebesar 22 juta yang saya bayar setiap semester. Itu sudah mencakup semua biaya saat kuliah (kecuali biaya jajan di kantin, hehe).
7. Apakah semua orang bayar 22 juta?
Tidak, UKT disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Biasanya, jumlah kendaraan, jumlah anggota keluarga yang ditanggung, dll juga diperhitungkan. Jika ikut program Bidikmisi, gratis.
Di angkatan saya bermacam-macam, ada yang 7 juta, 12 juta, 17,5 juta, dan 22 juta.

8. Kok mahal ya kak?
Sama, awalnya saya berpikir seperti itu. Terlebih, orang tua saya membiayai saya dan saudara kembar saya yang masuk di Fakultas Farmasi Unej dan juga mendapat UKT tertinggi. Tetapi setelah dua tahun kuliah, saya menyadari bahwa memang biaya di kedokteran lumayan mahal. Banyak praktikum dan fasilitas di FK juga selalu diperbarui. Banyak pembangunan gedung baru untuk mahasiswa. Saat ini, kami berdua tetap berusaha mengajukan keringanan UKT karena kemampuan finansial orang tua terbatas dan ingin menabung untuk pendidikan S2 atau spesialis. Beberapa teman saya ada yang berhasil menurunkan UKT.

9. Kalau memang mahal, fasilitasnya apa saja? Kok lebih murah FK Universitas 'X' yang lebih bagus kualitasnya?
Menurut saya, fasilitas di FK Unej sangat bagus/ di atas rata-rata.
Sebetulnya, membandingkan FK Universitas Jember dengan FK Universitas X tentu sangat tidak adil. Biaya kuliah di Universitas X lebih murah karena terbantu oleh mahasiswa jalur mandiri, sedagkan FK Unej baru akan membuka jalur mandiri tahun ini (semoga dengan ini, biaya di FK Unej bisa lebih murah).
Selain itu, FK Universitas X sudah berumur puluhan/ratusan tahun sehingga tidak bisa diragukan lagi kualitasnya, sementara FK Unej merupakan fakultas kedokteran yang masih 'muda'. Memang, FK Unej masih kalah jauh, tetapi FK Unej terus berkembang melalui prestasi mahasiswanya (yang membludak tahun ini, lho alhamdulillah).
Yang membuat saya salut, meskipun masih 'muda', Unej memiliki bangam prestasi dan fasilitasnya sangat bagus. Saat SRCR FK Unej mengadakan Hipotalamus Competition, yaitu lomba untuk Mahasiswa Kesehatan se-Indonesia, para peserta mengatakan bahwa kampus dan fasilitas FK Unej sangat bagus dibanding dengan kampus mereka. Maklum, memang kampusnya masih baru, jadi semua masih bagus, hehe. Mari kita lihat beberapa tahun lagi, apakah masih terawat dengan baik atau malah terbengkalai? :D
Ini buktinya
Gedung 1, Gedung Dekanat
(sumber : Faizal Akbar


Gedung 2, Gedung OSCE
Gedung 3, Gedung Kuliah Tampak Belakang
(sumber : Faizal Akbar)
Gedung kuliah tampak depan
(sumber : fk.unej.ac.id)










Ruang Auditorium, sering dipakai untuk kuliah dan kegiatan mahasiswa

(sumber : Faizal Akbar)





Ruang Auditorium (konon katanya, ini auditorium paling kece di Unej)

(sumber : instagram.com/mfakhriali)


Ruang Kuliah 2
(total 5 ruang kuliah besar yang terletak di gedung lama maupun baru)
Ruang Ujian CBT (tidak ada ujian tulis selain praktikum)
(meskipun AC nya banyak dan dingin, tetap terasa panas kalau lagi ujian, hehehe)

Laboraturium (total 5 Lab.)

Parkiran Sepeda Motor Depan
instagram.com/mfakhriali
Kampusnya Unej itu ijoooo banget (posisi 20 dalam Green Matric 2015)
(sumber : instagram.com/weloveunej)
Depan Gedung Rektorat Universitas Jember, bentuknya kayak Uterus ya :D
(sumber : instagram.com/weloveunej)


Monumen Triumvirat; tiga pendiri Universitas Jember
(sumber : instagram.com/weloveunej)

Gedung Laboraturium CDAST Universitas Jember
(sumber : instagram.com/weloveunej)

Lab. CDAST
(selalu diperbarui karena banyaknya jumlah mahasiswa yang lolos program PKM-P oleh Dikti)

Perpustakaan Universitas Jember sudah terakreditasi nasional loh!

Gedung Soetarjo Universitas Jember
Biasanya dipakai untuk wisuda dan event mahasiswa


Selama saya kuliah dari 2014-2016, sudah banyak pembangunan di sana-sini. Untuk saat ini, Universitas Jember sudah terakreditasi A, dan alhamdulillah Fakultas Kedokteran juga sudah terakreditasi A.

10. Kelebihan dan kekurangan memilih kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Jember apa kak?
Kelebihan
-
Selalu masuk ranking 10 besar nasional (beberapa kali nomor 1) saat UKMPPD (unasnya anak kedokteran).
-Ujian sudah berbasis komputer : CBT (Computer Based Test), sesuai dengan UKMPPD.
-Peralatan OSCE (manekin bayi, manekin buat belajar menangani persalinan, RJP, tangan buat belajar infus, dan lain-lain) masih baru.
-Peralatan praktikum banyak yang baru
-Memakai sistem blok yang memungkinkan mahasiswa lulus dalam 3,5 tahun.
-Di Jember banyak tempat wisata alamnya, boanyaaak banget, dan bener-bener bagus :_)
-Mall nya sedikit, hanya ada Mall Lippo Jember, Matahari Jember, dan Roxy (jadi jam belajar kita tidak terdistraksi oleh shopping, hehe).
-Biaya hidup sangat murah. Hanya dengan 450 ribu, kita sudah bisa sewa kos dengan kamar mandi dalam dan letaknya dekat kampus FK. Sementara hanya dengan 1 juta, sudah mendapat kos yang luas, nyaman, dan ber AC. Kalau jauh dari FK, harga bisa lebih murah.
-Banyak rumah makan untuk mahasiswa dengan interior menarik dan harga terjangkau.
-Udara di Jember masih fresh
-Di Jember, semua serba terjangkau dari segi harga
-Mahasiswa/mahasiswinya banyak yang berprestasi nasional dan internasional
-Mahasiswanya sering mengadakan event nasional
Akhi Hamas Syahid saat Imedfest
IMSAC FK Unej

Hipotalamus Competition
SRCR FK Unej (srcrfkunej.com)


Olimpiade Biologi SMA Sinaps
Simposium Nasional
TBM Vertex FK Unej (tbmvertex.com)

-Meskipun kuliah di kedokteran, banyak mahasiswa FK Unej yang menekuni bidang seni

Dies Natalis/ Ulang Tahun FK Unej
Medical Boom Fiesta 2015
Dies Natalis/ Ulang Tahun FK Unej

Biaya Hidup:
*Sangat murah. 1 porsi makanan (di tempat yang bersih dan di dekat kampus) berkisar antara Rp5000 - Rp10.000.
*Kost di dekat kampus sedikit lebih mahal daripada yang di luar kampus.
Kos kamar mandi luar = Rp250.000 - Rp400.000 
Kos kamar mandi dalam = Rp400.000-700.000
Kos ber-AC = 1 juta- 1,2 juta
*Laundry pakaian Rp3.500-Rp4.500 /kg
*Ongkos becak ke FK dari Jalan Baturaden Rp5.000, dari Jalan Kalimantan Rp7.000-10.000/ Jalan Jawa ke kampus Rp12.000. Sekarang sudah ada Gojek dan banyak ojek online lokal seperti Jecker dll.
*Untuk harga buku yang diperlukan di semester awal, bisa lihat postingan terbaru saya di blog ini.Ingat, buku tidak harus dibeli semua. Di FK Unej menerapkan sistem adik-kakak asuh NIM, jadi bisa pinjam semua materi ke kakak dengan angka NIM (Nomor Induk Mahasiswa) yang sama. Misalkan, NIM saya 13, maka saya bertanggung jawab untuk mengasuh adik angkatan 2015 yang memiliki NIM 13, tahun selanjutnya, adik 2015 yang bertanggung jawab terhadap adik 2016, begitu seterusnya.
*Jika sudah lulus pendidikan pre-klinik (biasanya minimal 3,5 tahun) dan mendapat gelar S.Ked, dilanjutkan dengan pendidikan klinik. UKT pendidikan klinik di RSD dr.Soebandi Jember dipukul rata 14 juta rupiah.

Kekurangan:

-Terkadang dibanding-bandingkan dengan universitas lain yang lebih tua dan bagus.
-Masih ada rumah penduduk di lingkungan kampus.
-Pada hari tertentu, pukul 6 pagi petugas kebersihan membakar sampah di dekat gedung kuliah (update 2017, sekarang pembakaran sampah sudah lebih teratur)
-Belum ada tempat pengolahan untuk sampah medis sisa praktikum (biasanya diletakkan di fakultas sebelah/ FKG).
-Jika KKN, minimal harus bisa bahasa Jawa, lebih bagus jika bisa bahasa Madura.
-Air di musholla sering mati saat sholat dhuhur, karena banyaknya jumlah mahasiswa (update 2017, air musholla sudah lancar dan musholla semakin bagus)
-Biaya kuliah lumayan mahal.
----------
Nah, sudah mantap belum menjatuhkan pilihan kepada Fakultas Kedokteran Universitas Jember? ^^
Wassalam!

43 komentar:

  1. Brili, cara penyampaiannya bagus sekali. Jujur dan apa adanya serta tidak berlebihan. Saat membaca, hal pertama yg terlintas di benak yaitu rasa syukur. Alhamdulillah, alhamdulillah, dan alhamdulillah bisa jadi bagian dari keluarga FK UNEJ. Sukses terus yaa Brili kuliah dan menulisnya ^.^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kak itu masih pakai nilai kkn? Berarti masih ada nilai anak kesayangan dong kak. Terus kalo misalnya si A ga bisa bahasa Jawa nanti kesingkir dong kak. Gimana menurut kakak?

      Delete
    3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 1.500.000
      • SMA = Rp. 2.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Itu yg mandiri, 200-300 jt untuk biaya masuknya atau ukt?

    ReplyDelete
  3. Uang jalur mandiri 200-300 jt itu uang pendaftrannya apa uang yang harus dibayar ketika lulus seleksi ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Kak, kayaknya untuk akreditasinya sudah terdaftar A

    ReplyDelete
  5. Hallo kak saya Anton dari Surabaya, puji Tuhan kemarin saya diterima di FK Jember lewat jalur SBMPTN 2017... Kalau boleh, apakah boleh saya minta nomer/WA/line kak brili, agar tidak terekspos bisa kirim lewat email kak antoniusa9@gmail.com terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya :)
      di sini aja yaa brilli.givya@gmail.com
      tapi kayaknya udah ga perlu lagi kan? hehe

      Delete
  6. Haii kak aku maba FK JEMBER 2017. Boleh minta contact kakak gak?? Aku mau nanya nanya seputar FK JEMBER. Kalau boleh bisa dikirim lewat email revina.sinai@gmail.com. Terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii selamat ya Revina :)
      di sini aja yaa brilli.givya@gmail.com

      Delete
  7. Kak aku mau tanyatanya nih,bisa mintak alamat emailnya nggak kak?

    ReplyDelete
  8. Halo kak.. Saya insya allah tahun depan akan lulus SMA dan memilih unej sebagai pilihan study lanjut saya.. Dan saya akan memilih fk untuk jurusannya.. Boleh minta contact kaka ngga buat nanya nanya??? ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Farel. Silakan email ke brilli.givya@gmail.com jika ingin bertanya lebih lanjut ya

      Delete
  9. Halo kak.. Saya insya allah tahun depan akan lulus SMA dan memilih unej sebagai pilihan study lanjut saya.. Dan saya akan memilih fk untuk jurusannya.. Boleh minta contact kaka ngga buat nanya nanya??? ...

    ReplyDelete
  10. Thought you would apply to Massachusetts Uni bril

    ReplyDelete
  11. Ada gedung baru lagii, gedung Tramed. Dalemnya lebih bagus dari ini. Semoga bisa ada fotonya buat diupdate di sini

    ReplyDelete
  12. Halo kak... Aku yunda. Jauh2 dari NTB untuk ambil kedokteran di UNEJ jalur SNMPTN nanti.. Doakan ya kak semoga bisa lolos. Boleh minta contact person nya gak? Ada yg mau saya tanyakan lebih mendalam tentang FK UNEJ.. Dimohon fast response nya ya kak. Thank you

    ReplyDelete
  13. Hai Yunda. Boleh kok. Silakan kirim email ke brilli.givya@gmail.com, nnti kakak jawab sebisanya

    ReplyDelete
  14. kakak brilli, saya pandu wibowo, asal sma negeri rambipuji .
    salam kenal dulu sebelumnya :D saya mau tanya mas brilli, saya mau ambil FK unej, soalnya saya tidak boleh keluar jember sama ortu saya :D apakah di FK unej, temen kak brilli apa adek semesster kak brilli ada yang asal sekolahnya dari sman rambipuji? sekian kk terimakasih. mohon dijawab iya kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :) sampai sekarang bekum ada, semoga kamu bisa mendobrak dan lolos :) semangat

      Delete
  15. Kak, anak smk kesehatan bisa gak sihh masuk FK

    ReplyDelete
  16. Kak,mau tanya untuk sistem adik-kakak asuh NIM apakah berlaku juga untuk FKG unej? Terimakasih��

    ReplyDelete
  17. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Kak saya pengen masuk fk tapi bilai sana naik turun kak di rapot bisa gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya nilai saya naik turun, masih bisakah saya masuk fk kak?

      Delete
  20. Untuk jalur mandiri, apakah ada biaya lain-lain selain ukt dan sumbangan pembangunan ???

    ReplyDelete
  21. kak mau nanya dong, untuk tahun ini persyaratan masuk fk unej tes kesehatannya apa saja? kek tinggi badan minim?

    ReplyDelete
  22. Kak aku lagi magang di perusahaan skincare di jember, Elzaura Beauty Skincare,
    disini bahan skincarenya alami, bisa buat kulit wajah bersih, ga kusam, aku tertarik mau aku buat jadi bahan skripsi aku nanti, ada saran kah kak gimana langkah yang harus aku tempuh?

    ReplyDelete

Follow juga twitter saya @BrilliantGivya :)